Wednesday, 18 January 2012

Home » » Motor Kojo

Motor Kojo


Tadi pas pulang, ada yang noel di jalan. Lagi pake earphone jadi ga denger dia pas ngajak ngobrol. Tadinya kirain mau nanya jalan, ternyata cuma nanya tentang motor.

“Mas, vespa nya tahun berapa?”
“83 Pak”
“Saya beli ya”
“Lha saya pulangnya naek apa nanti?”
“Hahaha...”
“Ke showroom aja Pak, yang itu pasti dijual kok. Hehehe...”

Lain waktu lagi, ditanyain dengan percakapan yang kira-kira mirip kayak gitu lah. Yang nanya petugas di pom bensin, pas si aku nya ngisi bensin.

“Mas, vespa nya tahun berapa?”
“83 Mas”
“Dijual ga?”
“Mau beli berapa Mas?”
“Lha Mas nya nawarin berapa?”
“Saya ga nawarin motor saya buat dibeli, cuma mau isi bensin ini. Hahaha...”

Bawa motor vespa ini emang banyak seninya. Dari mulai yang bodor sampe yang mistis.

Sebenernya aku ga tau ini bodor atau apa ya. Tapi lumayan bikin blank sejenak lah. Percakapan di sebuah bengkel antara si aku sama yang jualan disana.
“Pak, ada oli campur 2tak buat vespa?”
“Oh, ada. Mau merk apa?”
“Yang itu aja Pak (nunjuk barang). Berapa Pak?”
“26ribu”
“(kasih uang)”
“Mau dibantu ganti olinya Mas?”
“Hah??? Gimana Pak?”
“Ganti oli nya gratis kok”
“Eh, saya sendiri aja nanti Pak, terimakasih. Hehe..”

Mungkin percakapan di atas wajar, ga ada yang aneh. Tapi bagi aku sangat aneh. Kenapa? Lha yang aku beli itu oli campur bensin buat vespa. Di motor vespa, oli nya kan dicampur pas isi bensin. Heuheuheu...

Ada lagi pas di stopan, motornya si aku gerung-gerung. Bukan apa-apa sih, tapi biar ga mati aja. Klo ga digas dijamin tewas. Tapi ada motor sebelah yang mikir mau ngajak balapan. Ikut gerung-gerung juga. Ini orang emang ga tau situasi apa ya..
Bener aja, pas lampu ijo, dia langsung ngebut. Ngeeeeeeennngggg......
Sedangkan, jalannya si motor vespa langsung ndangdutan, ndet-ndetan. Pokoke klo gas kurang besar mati, terlalu besar juga mati. Harus ada rumusannya lah. Ribet.
Jadi, si aku langsung ambil kiri, ke jalur lambat, tau diri. Lagian sama orang naek sepeda aja sering disalip. Heuheuheu...

Ada juga yang rada-rada mistis gitu lah. Ada di beberapa tempat, motornya ga mau nyala. Kata si om sih, motor jadul emang suka aneh gitu. Dulu pernah dibantuin sama yang naek vespa juga buat ngebenerin, bantu nyetater, tapi ga bisa nyala terus. Sampe tobat kitanya. Capek. Iseng-iseng aku dorong ke bawah pohon biar agak ademan dikit nongkrongnya. Iseng aku cobain stater lagi, eh bisa. Heran pisan lah, ada aura mistis di tempat mogoknya tadi apa ya. Hahaha...

Pernah lagi pas nganter sodara ke terminal naek vespa. Pas isi bensin, ga mau nyala lagi motornya. Udah distater sampe kaki pegel ga mau nyala. Aku coba pake cara yang sama, dorong maju dikit, eh ga mau nyala juga. Cuma, karena gengsi, diliatin sama yang lain yang pada lewat, pura-pura buka tempat mesin aja, walau ga tau harus ngapain. Iseng-iseng benerin posisi spion, sambil stater. Awalnya pengen becandain sodara aku, klo masalah mogoknya gara-gara letak spion yang kurang pas. Dan ternyataaaaa... bisa nyala...

Dan akhirnya dia percaya kalo motor mogok, harus benerin posisi spion biar bisa nyala lagi mesinnya. Hahahahaha...

No comments:

Post a Comment