Tadi
pas pulang, ada yang noel di jalan. Lagi pake earphone jadi ga
denger dia pas ngajak ngobrol. Tadinya kirain mau nanya jalan, ternyata cuma nanya tentang motor.
“Mas, vespa nya tahun berapa?”
“83 Pak”
“Saya beli ya”
“Lha saya pulangnya naek apa
nanti?”
“Hahaha...”
“Ke showroom aja Pak, yang itu
pasti dijual kok. Hehehe...”
Lain waktu lagi, ditanyain
dengan percakapan yang kira-kira mirip kayak gitu lah. Yang nanya petugas di
pom bensin, pas si aku nya ngisi bensin.
“Mas, vespa nya tahun berapa?”
“83 Mas”
“Dijual ga?”
“Mau beli berapa Mas?”
“Lha Mas nya nawarin berapa?”
“Saya ga nawarin motor saya
buat dibeli, cuma mau isi bensin ini. Hahaha...”
Bawa
motor vespa ini emang banyak seninya. Dari mulai yang bodor sampe yang mistis.
Sebenernya aku ga tau ini bodor
atau apa ya. Tapi lumayan bikin blank sejenak lah. Percakapan di sebuah bengkel
antara si aku sama yang jualan disana.
“Pak, ada oli campur 2tak buat
vespa?”
“Oh, ada. Mau merk apa?”
“Yang itu aja Pak (nunjuk
barang). Berapa Pak?”
“26ribu”
“(kasih uang)”
“Mau dibantu ganti olinya Mas?”
“Hah??? Gimana Pak?”
“Ganti oli nya gratis kok”
“Eh, saya sendiri aja nanti
Pak, terimakasih. Hehe..”
Mungkin percakapan di atas
wajar, ga ada yang aneh. Tapi bagi aku sangat aneh. Kenapa? Lha yang aku beli
itu oli campur bensin buat vespa. Di motor vespa, oli nya kan dicampur pas isi
bensin. Heuheuheu...
Ada lagi pas di stopan, motornya
si aku gerung-gerung. Bukan apa-apa sih, tapi biar ga mati aja. Klo ga digas
dijamin tewas. Tapi ada motor sebelah yang mikir mau ngajak balapan. Ikut gerung-gerung juga. Ini orang
emang ga tau situasi apa ya..
Bener aja, pas lampu ijo, dia
langsung ngebut. Ngeeeeeeennngggg......
Sedangkan, jalannya si motor vespa langsung ndangdutan, ndet-ndetan. Pokoke klo gas kurang besar mati, terlalu besar juga mati. Harus ada rumusannya lah. Ribet.
Jadi, si aku langsung ambil kiri, ke jalur lambat, tau
diri. Lagian sama orang naek sepeda aja sering disalip. Heuheuheu...
Ada juga yang rada-rada mistis
gitu lah. Ada di beberapa tempat, motornya ga mau nyala. Kata si om sih, motor
jadul emang suka aneh gitu. Dulu pernah dibantuin sama yang naek vespa juga buat ngebenerin, bantu nyetater, tapi ga bisa nyala terus. Sampe tobat kitanya. Capek.
Iseng-iseng aku dorong ke bawah pohon biar agak ademan dikit nongkrongnya. Iseng
aku cobain stater lagi, eh bisa. Heran pisan lah, ada aura mistis di tempat mogoknya
tadi apa ya. Hahaha...
Pernah lagi pas nganter sodara
ke terminal naek vespa. Pas isi bensin, ga mau nyala lagi motornya. Udah distater
sampe kaki pegel ga mau nyala. Aku coba pake cara yang sama, dorong maju dikit,
eh ga mau nyala juga. Cuma, karena gengsi, diliatin sama yang lain yang pada lewat, pura-pura buka tempat mesin aja,
walau ga tau harus ngapain. Iseng-iseng benerin posisi spion, sambil stater. Awalnya
pengen becandain sodara aku, klo masalah mogoknya gara-gara letak spion yang kurang
pas. Dan ternyataaaaa... bisa nyala...
Dan akhirnya dia percaya kalo
motor mogok, harus benerin posisi spion biar bisa nyala lagi mesinnya. Hahahahaha...
No comments:
Post a Comment