Saturday, 4 February 2012

Home » » Pelajaran Geografi

Pelajaran Geografi

Di setiap sekolah, pasti ada guru yang jadi cs nya anak-anak. Di SMA Paskal juga ada lho. Selain pak Wawan yang emang jadi cs nya anak-anak yang suka main bola, ada juga seorang guru pelajaran geografi yang bernama pak Rahmat.

Beliau merupakan guru yang menurut anak-anak friendly banget lah. Soalnya, kalo lagi ngajar suka becanda. Dan suka kasih contoh yang kadang jawabannya bikin siswanya cekikikan.

Misalnya gini nih, “Kalo nanti kalian jalan-jalan ke gunung, jangan sampe kalian berada di posisi paling depan atau paling belakang ya. Carilah posisi di tengah,” kata pak Rahmat.

“Emangnya kenapa harus di tengah Pak?” tanya Bhea.

“Kalo ada gas beracun dari depan, yang kena yang pertama. Kalo ada gas beracun di belakang, yang kena yang paling belakang. Jadi aman kalo di tengah, masih sempet lari kalo liat temennya tumbang,” kata pak Rahmat.

Hehehehehe.....

“Atau kalo ga usahain bawa binatang piaraan. Jangan bawa ayam, sayang. Soalnya kalo mati ga bisa dimakan. Mending bawa cicak aja, yang doyan makan cicak kan cuma Sumanto,” tambah pak Rahmat.

Sebenernya yang jadi pertanyaan selanjutnya dari anak-anak adalah, kenapa harus cicak tak berdosa yang udah jelas-jelas jarang main sampe gunung yang diajakin. Dan sekalinya diajakin malah dijadiin tumbal. Hehehe…

Atau ada pertanyaan lain,

“Kalo di gurun pasir, emas sama air mahal mana hayo?” tanya pak Rahmat.

“Aiiiiirrr...” jawab anak-anak sekelas kompak.

 “Ya, sebenernya sih tetep aja mahal emas. Tapi kita memang perlu air. Harap dibedakan antara mahal sama perlu,” jawab pak Rahmat.

Terang aja anak-anak pada tengsin. Emang sih bener lebih mahal emas. Tapi kaaan.... ya udah lah...

Pak Rahmat ini termasuk guru yang sangat nge pro sama anak-anak cowok. Selalu ngebelain anak-anak cowok. Hal itu kelihatan pas diadain tanya jawab atau pas ngumpulin PR di kelas. Di kelas, sering pak Rahmat menanyai murid satu per satu tentang pelajaran geografi.

Hukuman bagi yang salah atau ga kumpulin tugas adalah menyanyi. Lagunya tergantung rikues yang lain. Jadi kebanyakan yang belum siap ngejawab atau tugasnya belum selesai mending siap-siap minum beras kencur biar suaranya melengking. Hehehe...

“Bapak mau kasih pertanyaan ya, nanti yang salah jawab harus nyanyi di depan. Saya nanya selang seling, cowok-cewek gantian,” kata pak Rahmat.

“Coba kamu Bhea, sebutkan benua di dunia ada berapa? Dan sebutkan!” tanya pak Rahmat.

“Ada 5 pak. Asia, Eropa, Amerika, Australia, Antartika,” jawab Bhea.

“Baguuuusss,” kata pak Rahmat sambil ngikutin gaya pak Tino Sidin yang mau bagaimana pun hasil gambar dari si anak, pasti selalu dibilang ‘Bagus...’.

“Selanjutnya Ajenk, berapa keliling bumi?” tanya pak Rahmat.

“Wah, berapa ya. Sejuta kilometer kali Pak. Kok pertanyaannya susah sih?” kata Ajenk sambil protes.

“Salah. Maju ke depan, nyanyi. Coba kamu Jono, apa jawabannya?” kata pak Rahmat sambil melempar pertanyaan ke Jono.

Jono yang lagi ga ngeh karena ngobrol, ditembak pertanyaan gitu langsung gelagapan.

“Oh, hm.... yang pasti panjaaaaang Pak. Pas nya sih saya kurang apal. Soalnya belum pernah ngitung,” jawab Jono.

“Oh, ya udah kalo belum pernah ngitung, ga papa kok,” kata pak Rahmat.

“Saya ga perlu maju nyanyi kan Pak?” tanya Jono.

“Ga usah, kan ga tau, bukan salah. Perjanjiannya tadi kan yang salah yang maju nyanyi. Hehehe...” kata pak Rahmat. Tentu aja Ajenk sewot, tapi mau ga mau nyanyi juga di depan kelas.

Atau pas dikasih PR geografi. Dan disuruh kumpulin buat diperiksa sama temen lainnya.

“Coba kumpulin PR nya ya. Yang belum buat maju ke depan, nyanyi lagu ndangdut sealbum. Hehehe...” kata pak Rahmat.

Dan ternyata banyak anak cowok yang ga ngerjain, soalnya malemnya pada begadang nonton bola. Kalo dari pihak cewek, hampir semua ngerjain, soalnya cewek emang pada rajin sih, dan mereka ga begadang nonton bola juga. Kecuali beberapa yang emang suka bola semacan Dychan. Tapi dia udah ngerjain sih, jadi tenang-tenang aja. Paling ada beberapa anak cewek yang emang lupa kalo ada PR, jadi belum ngerjain, dan udah pasrah siap-siap nyanyi di depan.

Para cewek pun mengadu ke pak Rahmat kalo para cowok ada yang ga bikin PR.

“Pak, anak cowok ada yang ga bikin PR nih Paaakkk...” kata mereka serempak.

“Siapa yang ga bikin?” tanya pak Rahmat.

“Banyak Pak, si Abox, Bhea, Jono, Doclo, Oon, Toe, Ual sama Huey,” kata Gina.

“Kenapa kalian ga bikin PR?” tanya pak Rahmat.

“Anu Pak, kemaren pas mau buat, saya disamper sama Jono dkk buat ngajak nonton bareng liga Champion tadi malem. Kalo ada tamu kan ga boleh ditinggal-tinggal Pak, kan dilarang sama agama. Jadi saya temenin mereka nonton bola nya di kamar saya,” jawab Huey diplomatis.

“Oh ya udah, lain kali ajak Bapak aja ya, Bapak juga mau nonton,” kata pak Rahmat.

“Siyaapppp Paaaakkk,” jawab mereka serempak.

“Dan karena saya kasihan, semaleman kalian begadang, jadi istirahat aja di kursi ya, jangan sampe sakit,” kata pak Rahmat pengertian.

“Nah, yang cewek-cewek yang belum ngerjain PR, hayo pada maju ke depan. Ga pada begadang kan tadi malem? Nyanyi nya yang bagus ya, pitch kontrol nya dijaga,” kata pak Rahmat bagai juri di salah satu program tv.

Dan hanya para cewek lah yang dihukum nyanyi, sementara cowok-cowoknya ga perlu dihukum nyanyi. Soalnya kalopun disuruh nyanyi, kasihan yang denger. Mereka biasanya kompakan di nada suara yang berbeda. Huey main di kunci A, Bhea di kunci G, dan yang lain di kunci dasar lainnya. Tapi masih mending sih, daripada Abox. Dia nyanyi biasanya di kunci T. Hihihihihi....

2 comments:

  1. Nu keur ulangan,trus si bapa tiba2 ngomong: "udah belum??",anak2 jawab:"belum..",si bapa:"nyontek aja koq lam??". Bodor eta,sangka teh si bapa dek ngambek...

    ReplyDelete
  2. Hehehehe....
    Kalem Bhe, eta engke berlanjut caritana...
    Pan pengenalan masing-masing tokoh heula...
    Heuheuheu...

    ReplyDelete