Dimanapun sekolah SMA nya,
pelajaran yang paling banyak dihindari sama murid-murid biasanya ga jauh dari
matematika dan fisika. Begitu juga di SMA Paskal ini.
Di kelas 2, ada guru Fisika yang
terkenal disiplinnya. Nama beliau adalah pak Khalid.
Pertemuan pertama mungkin adalah
awal dari pelajaran disiplin dari beliau. Dimana saat itu hari rabu pagi, jam
7.00 semua murid harus sudah berada di lab fisika. Pelajaran fisika pak Khalid
ga dilaksanakan di kelas seperti biasa, karena mungkin biar bisa lebih
konsentrasi belajarnya klo di lab daripada di kelas.
Pagi hari itu, jam 7.00 teng, pintu
lab dibuka oleh pak Khalid. Beliau mempersilahkan para murid untuk masuk dan menyuruh
untuk menempati kursi yang depan agar diisi dulu.
Kondisi lab fisika terdiri dari
lima baris meja panjang yang tengah-tengahnya ada kotak yang sedikit lebih
tinggi dari meja untuk tempat colokan listrik dan menyimpan barang-barang
keperluan lab.
Seperti biasa juga, Jono pasti
ngambil posisi yang tengah, jangan terlalu depan dan jangan terlalu belakang. Soalnya
kalo terlalu depan suka dipanggil ngerjain soal, dan terlalu belakang juga ga
akan jauh beda nasibnya. Jono pikir kalo duduk di tengah bisa nyamar jadi tempat
listrik atau minimal ga keliatan kalo misal ada yang ditunjuk buat maju
ngerjain soal. Hehehe…
Sebelum memulai, pak Khalid memberikan
syarat dan ketentuan yang akan berlaku mulai detik itu dan seterusnya.
“Di pelajaran bapak, jangan
sampai ada yang telat sedikit pun. Kalo telat dari saya masuknya, lebih baik
tunggu di luar,” kata pak Khalid.
“Waduh, bisa bahaya nih,” kata
Oon yang emang sering telat.
“Lalu kerapihan pakaian harus
diperhatikan. Yang bajunya ga dimasukin, bakal bapak suruh rapihin sendiri, kalo
masih belum rapih bapak yang rapihin, setelah itu harus bisa menjawab soal
yang diberikan di depan,” lanjut pak Khalid.
Anak-anak yang emang suka ga
rapih pakaiannya walau masih pagi gini, langsung tiba-tiba merapihkan diri
secara massal.
“Terutama rambut buat anak laki-laki. Kalo ketauan ada
yang di bawah alis, langsung bapak cukur,” tegas pak Khalid.
Anak-anak semacam Jono dan Doclo
yang model rambutnya nge-Beatles, Bhea yang nge-Suede, Abox yang nge-UKS (ini
bukan Unit Kesehatan Sekolah lho, tapi salah satu band jaman 90an dari negeri
seberang), dan Huey yang nge-Bob Marley langsung pada deg-degan. Soalnya rambut
mereka rata-rata di bawah alis. Dan langsung ngerapihin rambut ke belakang biar
ga ketauan.
Untungnya syarat dan ketentuan
akan berlaku minggu depan. Untuk sekarang yang penting kerapihan baju dulu.
Pola mendidik tiap guru pasti berbeda.
Pak Khalid punya cara yang unik, yaitu mewajibkan murid untuk menulis ulang
diktat yang sebelumnya sudah difotokopi. Alasan beliau adalah, dengan menulis
kembali, maka kita seenggaknya minimal udah mengetahui rumus atau pengertian
dari suatu pokok bahasan yang akan dibahas minggu depan. Sehingga ketika minggu
depan dijelaskan di kelas udah ada gambaran.
“Dan bagi yang tidak selesai
tulisannya, silahkan untuk maju ke depan. Nanti bapak siapin soalnya,” kata pak
Khalid.
Dan pagi itu tampaknya menjadi
pagi yang kurang bersahabat bagi beberapa murid di dalam kelas pelajaran fisika
itu.
Kalo Jono sih dia ga masalah,
soalnya emang rada suka sama pelajaran yang semacam fisika dan matematika. Ga jago
banget sih. “Seenggaknya kalo dilogika masih kebayang, dibandingin disuruh
ngelogikain debit kredit ga kebayang sama sekali,” kata Jono. Jono ini kadang
kalo ngerjain soal bergantung sama logika berpikirnya, bukan jenis yang
ngapalin rumus. Soalnya daya ingetnya rada parah. Apalagi disuruh inget rumus
dan angka yang banyak. Pasalnya, biar ga lupa, dia pernah nulis rumus-rumus di meja
pas mau ulangan, tapi dia lupa kasih judul rumus itu. Jadi walau dia tau
rumusnya, tapi ga ngerti yang dipake rumus yang mana. Hahaha..
Dari pengalaman itu, dia akhirnya
punya cara yang cukup ampuh, yaitu dengan melihat besaran yang ada di soal yang
diketahui. Terus tinggal disesuaiin aja sama apa yang ditanyakan. Walau ga
semua soal bisa dikerjain dengan cara kayak gitu, tapi lama kelamaan akhirnya
Jono bisa ngerti cara ngerjainnya.
Sedangkan bagi yang ga bisa ngapalin
rumus, dilogika malah makin pusing, dan tipe sejenisnya akhirnya menggantungkan
kelangsungan hidupnya pada temen-temen lain yang dianggap lebih bisa menguasai
materi. Lagian di kelas pelajaran fisika ini peluang bikin contekan adalah nol.
Apalagi nanya sebelah, mustahil banget lah. Selain yang ditanya belum tentu
bisa, klo ada pergerakan yang mencurigakan dikit aja, pak Khalid langsung kasih
kartu kuning. Hehehe…
Tapi Jono dapet pengalaman
berharga pada pertemuan pertama pelajaran fisika di kelas 2 ini, yaitu selain
mendapatkan ilmu fisika juga mendapat pelajaran untuk menghargai kedisiplinan
dan kejujuran dari seorang guru yang bernama pak Khalid…
No comments:
Post a Comment