Pagi itu cuaca cerah. Bhea udah duduk manis di kelas,
sendirian. Soalnya yang lain pada belum dateng. Dia lagi nyalin PR fisika punya
Jono. Sedangkan Jono udah ngabur ke kelas lain. Buat nanya-nanya soal ulangan matematika
yang kemungkinan bakal diadain hari itu. Soalnya ada kelas lain yang kemarin
udah ulangan. Dan berhubung koneksi Jono sama murid lain cukup banyak, dia bisa
cari info sebanyak-banyaknya.
Ga lama, anak-anak lain dateng. Yang belum beres ngerjain
PR, ikutan nebeng liat ke yang udah. Kalo yang udah, biasanya suka kasih liat
ke yang belum. Walau ga semua gitu sih, ada juga yang udah, tapi ga mau kasih
liat ke yang lain. Ya, tiap orang kan beda-beda. Sebenernya itu gimana
kompak-kompakan aja sih sama temen-temannya. Soalnya pendidikan di Indonesia
itu menurut survey yang pernah Jono liat di koran, terlalu membebani siswanya. Terlalu
banyak yang harus dipelajari, jadi ga bisa fokus.
Anak-anak punya cara mengakalinya, yaitu adalah yang lebih mengerti lah yang mengerjakan. Serahkan kepada ahlinya.
Jadi, berhubung Jono ga ngerti ekonomi, kalo ada PR dia gantian yang liat punya Bhea. Atau misal bahasa Inggris, si Doclo yang lebih
ngerti. Walau bahasanya terlalu britis, jadi kosa katanya juga kadang aneh. Tapi
seenggaknya kan bahasa Inggris. Hehehe...
Setelah anak-anak
mulai klop, ngerjain PR nya atau kalo lagi ada tugas kelompok, mereka kumpul di
rumah salah satu diantara mereka. Berhubung Bhea yang rumahnya paling deket
sama sekolah, biasanya kumpul di rumahnya. Dan masing-masing anak punya tugas
masing-masing. Kalo tentang itung-itungan, biasanya diserahin ke Jono, Toe,
sama Huey. Kalo tentang hapalan, Bhea, Ual, Doclo yang bertugas. Ndi ikut ke
kelompok yang rada santai aja. Klo Oon, dia biasanya di bagian konsumsi atau
tata usaha. Pokoknya dia jadi seksi sibuk lah kalo pada kumpul-kumpul. Sedangkan
Abox kena tugas di transportasi dan dana usaha. Soalnya kalo diajak diskusi,
otak kita-kita yang ga nyampe logikanya sama otaknya dia. Hehehe...
Jadi kalo pada
kumpul, misal ada PR matematika, hanya sebagian yang ngerjain, yang lainnya ada
yang main, makan, baca komik, dll. Dan begitu juga dengan pelajaran lain. Jadi kalo
yang otaknya pas-pasan sama pelajaran itu, nanti dibantu sama yang otaknya rada
lebih di bidang itu.
Yang bikin Jono
seneng kalo di rumah Bhea yaitu disana banyak komik en novel yang juga Jono
seneng baca. Jadi klo misal udah beres ngerjain tugas, dia bisa lama disana
sambil baca-baca. Yang lain juga kebetulan seneng baca komik. Jadi kadang tugasnya
dikesampingin dulu, baca komik yang diutamakan.
Keluarga Bhea
juga ga mempermasalahkan kalo kita sering main kesana. Kalo Bhea nya sih pengen
didatengin terus, soalnya syarat anak-anak boleh dateng ke sana adalah harus
bawa makanan sendiri. Jadi biasanya Abox sama Oon yang bertugas beli sajenan. Jadi
kalo misal sajenan nya ga habis, pas udah pada pulang kan bisa dihabisin sama
si Bhea. Walau sangat jarang atau bahkan ga mungkin kalo sajenan itu nyisa. Soalnya
baru dibuka bentar aja biasanya langsung ludes. Hehehe...
Bhea itu orangnya
oportunis. Sesuai dengan pelajaran yang dia kuasai, ekonomi, dia selalu
menerapkan prinsip ekonomi. Dengan modal sekecil-kecilnya, mendapatkan
keuntungan yang sebesar-besarnya. Misalnya, kalo lagi pada ke supermarket buat
beli cemilan buat kumpul-kumpul, dia ikutan milihin apa aja yang harus dibeli. Pas
udah sampe kasir, tiba-tiba dia menghilang. Jadi Abox yang kebetulan bawa
keranjang belanjaan, mau ga mau yang membayar sesuatu yang dia sendiri ga
memilihnya. Soalnya apa yang Abox pilih, sama si Bhea dibalikin lagi ke
tempatnya, dan keranjangnya diisi sama pilihan si Bhea. Ya itulah Bhea, tapi
Abox nya juga nyantai aja sih, ga suka marah dia. Karena seperti biasa, dia
lebih suka mobil.
Dan di pagi itu,
setelah Jono dapet beberapa info buat ulangan, dia langsung siapin rumus-rumus
yang harus diapalin. Setelah udah siap, dia bikin tutorial buat yang lain. Berhubung
daya inget Jono agak cekak, dia pake konsep logika buat memahami. Sedangkan yang
lain, yang bisa mengingat lebih baik, sekalian inget-inget rumusannya. Nah yang
susah itu kalo pake logika susah, dan menghapal pun juga susah, soalnya rumusnya
kadang suka panjang dan banyak simbol-simbol. Misalnya Oon. Dia lebih memilih
duduk sama Jono aja, biar nanti gampang kalo mau nyontek. Atau yang lain kayak Ndi, Toe, Ual, yang udah siapin
contekan di tangan atau kertas.
Akhirnya apa yang
diperkirakan terjadi, hari itu ada ulangan matematika.
Untung anak-anak
udah siap dengan strategi masing-masing. Dan posisi duduk nya pun udah diatur
sedemikian rupa. Seperti kata pepatah, posisi menentukan prestasi. Hehehe...
Jono yang udah
dapet info dan materi yang kemungkinan keluar, disimpen di pusat tengah
gerombolan anak-anak. Support nya ada Huey kalo-kalo nanti Jono ada yang lupa.
Ulangan pun
dimulai...
Ternyata nyontek
juga harus bener-bener dipersiapkan. Ndi yang udah siapin kertas contekan
ternyata dia lupa kasih penjelasan di rumus itu. Jadi yang dia tulis hanya
rumus, tanpa ditulis kapan rumus ini digunakan, dan apa aja komponen yang ada
di dalamnya. Alhasil, dia kebingungan milih rumus yang mau dipake. Untung aja
dia duduk di sebelah Bhea yang rada lengkap contekannya.
Kalo Jono, dia
kadang lupa rumusnya, jadi dapet rumusannya dari anak-anak di sekitarnya. Dan dia
eksplore sendiri. Jadi Oon yang duduk di sebelahnya tampak tenang walau belum
ada satu soal pun yang dikerjain.
Ketika itu
cuacanya mendung dan gelap, jadi harus pake lampu di kelas. Ulangan matematika
pun tampak lebih menyeramkan ditambah dengan ujan yang mulai turun, serta
gelegar petir yang mulai menyambar.
Anak-anak masih
serius ngerjain ulangan. Ada yang serius mikir, ada yang serius nyontek, ada
yang serius ngelamun. Ketika rombongan Jono cs saling membantu satu sama lain,
Abox mungkin satu-satunya yang ga ikut rombongan. Ual yang duduk di sebelahnya
juga mau nyontek ke dia kok malah ragu. Soalnya klo Ual liat ke jawaban Abox,
dia ga bisa baca tulisannya, dan juga meragukan keabsahan jawabannya. Jadi dia
mending kerjain sendiri, atau kalo ga tau, mending nanya ke Huey yang ada di
seberangnya.
Pas waktu tinggal
21 menit lagi (di jam Jono), tiba-tiba mati lampu. Peeettt......
“Waduh, kok malah
mati lampu,” celetuk Bhea.
Bu Ai, guru
matematika pun tadinya mau udahin ulangannya. Tapi murid-murid yang lain minta
waktu sampe beres kerjain.
Si ibu pun
mengalah, dan karena gelap, si ibu jalan menuju pintu. Dan duduk di dekat
pintu.
Karena keadaan kelas
pun menjadi agak gelap, anak-anak yang tadinya contekannya di bawah meja,
akhirnya pindahin contekannya ke atas meja. Soalnya emang gelap, ga keliatan. Baca
contekan di atas meja aja ga keliatan, apalagi di bawah meja.
Jono yang udah
selesai dari tadi, ga terlalu panik. Dia malah bantuin anak-anak yang lain yang
nanya jawaban. Berhubung pencahayaan kurang, jadi bisa agak aman. Dan si ibu
pun lagi liat keluar kelas.
Dia tukeran duduk
sama Bhea, jadi Bhea duduk sama Oon, dan Jono sama Ndi. Kertas ulangan Jono
ditinggalin, jadi bisa dicontek sama Bhea dan Oon.
“Edaann... Ini
udah tinggal nyontek aja malah tulisannya ga keliatan,” kata Oon. Padahal dia
udah nempatin kertas nya di ujung idung. Jadi dia hanya meraba-raba, apa jawabannya.
Tampaknya alam
pun tak sudi kalo ada yang mencontek...
No comments:
Post a Comment