Walau udah gede, udah SMA, tapi tetep aja masih ada
pelajaran yang namanya menggambar. Tapi, biar lebih kerenan dikit, di SMA
namanya pelajaran Seni Rupa. Seni rupa sebenernya ga melulu hanya menggambar. Padahal,
bagi Jono, menggambar itu sama dengan seni rupa, hanya kalo denger kata
“menggambar”, Jono langsung keinget sama pak Tino Sidin. Baguuuuuusssss…..!!!
Itulah gambaran dari Jono tentang menggambar. Dulu pas SD
dan SMP, tiap pelajaran menggambar, dia pasti dapet nilai yang pas-pas an. Soalnya gambarnya ga jauh dari gambar pemandangan, yaitu ada gunung, jalan, dan sawah. Jadi
sampe SMA kebawa doktrin tersebut. Hehehe…
Dan ternyata, guru di SMA Paskal ini bukan sejenis guru yang
menyukai gambar pemandangan sejenis itu. Memang, mungkin klo udah SMA udah ga
jaman lagi bikin gambar pemandangan model begitu.
Guru kesenian di SMA Paskal, namanya adalah pak Romis. Dan seperti
kebanyakan orang-orang seni, beliau punya cara unik yang agak berbeda dengan orang
kebanyakan.
Hari pertama pelajaran kesenian diawali dengan konsep dari
seni rupa itu sendiri. Dan masing-masing murid dipanggil untuk ditanya. Biasanya
urutan dimulai dari baris paling ujung.
Ahmad yang kebetulan sebangku sama Jono, dan duduk paling
ujung depan kanan yang pertama kali ditanya.
“Apa definisi seni rupa?” tanya pak Romis.
“Seni rupa adalah cara menuangkan ide kreasi dalam bentuk
gambar,” jawab Ahmad.
“Hampir, tapi masih kurang tepat. Coba kamu sebelahnya,” kata
pak Romis.
“Seni rupa adalah bagaimana cara kita menuangkan nilai
estestika pada dimensi yang bisa diraba, baik menggambar maupun membuat patung,”
jawab Jono rada keren walau sebenernya ga ngerti artinya. Hehehe…
“Ya, lumayan lah, tapi masih belum kena intinya. Coba sebelahnya
lagi,” kata pak Romis.
Dan pertanyaan itu berulang terus ke murid-murid lainnya, sampe Oon kebagian
ngejawab.
“Seni rupa adalah seni untuk menggambar,” jawab Oon.
“Udah ada yang jawab itu tadi, cari jawaban lain. Yang kreatif
dong,” kata pak Romis.
Sebenernya Oon udah mau melambaikan tangan ke kamera, tanda
menyerah. Tapi karena ga ada kamera, jadi dia makin bingung. Klo melambai aja,
ntar disangka dimanaaaaa gicu…yuukk... hehehe…
Dan setelah sekian lama ditunggu, dan Oon ga bisa jawab,
pertanyaan pun dilemparkan ke Ual yang duduk di sebelah Oon. Ual pun sama,
bingung buat ngejawabnya. Dan yang lain pun begitu, soalnya jawaban ga boleh
sama dengan yang udah. Kan susah tuh, sedangkan muridnya ada sekitar 40an. Beruntunglah
yang duduk di depan, soalnya stok jawaban masih banyak. Hehehehe…
Anak-anak setelah Oon dan Ual, semacam Bhea, Ndi, Toe,
Huey, pada ga bisa jawab pake jawaban yang baru. Sampai tibalah giliran Abox.
Sebenernya Abox bingung mau jawab apa, soalnya jawaban yang
udah dia pikirin udah disebutin sama anak lainnya. Dan berhubung dia punya kemampuan
berkesenian dia beda dengan yang lain, dia menciptakan definisi seni
berdasarkan kreasi dia sendiri.
“Seni rupa adalah seni pada rupa. Yaitu rupa yang merupakan
suatu bidang dalam suatu kesenian. Sehingga rupa yang merupakan seni itu dapat
dinamakan dengan seni rupa,” jawab Abox ga jelas.
“Hah. Ga ngerti saya, kamu ngomong apa. Dan bingung mau
komentar apa. Lanjut aja langsung, sebelahnya,” jawab pak Romis.
Dan hanya Abox lah yang aman dari plagiat jawaban anak-anak
sebelumnya. Walau jawabannya sebenernya ga jelas. Atau mungkin tingkat
berkesenian Abox udah sangat tinggi, jadi bisa lolos dari komentar. Hihihi…
Selanjutnya, setelah teori, langsung disuruh praktek
menggambar. Yang dijadiin objek adalah teko dari kantin sekolah yang sengaja
dipinjem buat praktek gambar.
Jadi teko yang bawahnya gosong itu, harus digambar dengan menggunakan
teori perspektif, pencahayaan, serta pewarnaan yang membuat gambar menjadi
seperti 3 dimensi.
Huey yang skill menggambarnya pas-pas an, yang hanya mampu bikin gambar
lingkaran kecil dan lingkaran besar sesuai lagu, langsung sewot.
“Ini ngapain sih ngegambar teko gosong segala, ga ada model
yang lebih bagusan dikit apa. Aku siap kok klo yang jadi model nya,” kata Huey
berpromosi.
“Ah, gambar teko ini aja udah susah, apalagi gambar kamu. Klo
gambar si Abox sih gampang, rada sedikit abstrak soalnya. Hehehe…” kata Bhea.
Abox yang denger itu langsung cemberut. Pundung ceritanya. Tapi
sebenernya cuma akting aja sih. Soalnya si Abox itu easy going. Ga suka marah
orangnya. Sukanya mobil kalo dia.
Dan mereka pun mulai menggambar dengan kemampuan
masing-masing…
No comments:
Post a Comment